Jumat, 28 Juni 2019

PENGARUH MEDIA ONLINE TERHADAP USAHA IZEMU DESIGN

Makalah Kewirausahaan                                                                                                            Medan,  Juni 2019
PENGARUH MEDIA ONLINE TERHADAP USAHA IZEMU DESIGN

Dosen Penanggung Jawab:
Dr. Agus Purwoko, S.Hut., M.Si.

Disusun Oleh :
Yon Felix Hutagalung
181201115
HUT 2 C




















PROGAM STUDI KEHUTANAN
FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN

2019


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penulis ucapkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah Kewirausahaan “Pengaruh Media Online Terdap Usaha Izemu Design” ini dengan baik. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Kewirausahaan di Program Studi Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara.
 Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen Penanggungjawab Kewirausahaan, Bapak Dr. Agus Purwoko, S.Hut, M.Si. yang  telah memberikan materi dengan baik dan benar.
Penulis sadar bahwa Makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan Makalah ini.
                                                                                                         Medan,    Juni  2019


                                                                                                                  Penulis 
DAFTAR ISI
                                                                                                                    Halaman
KATA PENGANTAR.......................................................................................   i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
........... 1.1. Latar Belakang................................................................................... 1
........... 1.2. Rumusan Masalah...............................................................................2
........... 1.3 .Tujuan................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
........... 2.1. Gambaran Umum............................................................................... 3
........... 2.2. Cara Pemasaran.................................................................................. 4
........... 2.3. Dampak Media Online....................................................................... 4
........... 2.4. Tips Sukses......................................................................................... 4
BAB III PENUTUP
........... 3.1. Kesimpulan......................................................................................... 5
........... 3.2. Saran................................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar belakang
Kewirausahaan adalah suatu cara berpikir, menelaah, dan bertindak yang didasarkan pada peluang bisnis, pendekatan holistik, dan kepemimpinan yang seimbang. Proses kewirausahaan menuntut kemauan untuk mengambil resiko dengan penuh perhitungan sehingga dapat mengatasi rintangan untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan. Pada umumnya, wirausahawan menggunakan kecerdikannya untuk memanfaatkan sumberdaya yang terbatas. Wirausahawan adalah seseorang yang mengembangkan produk baru atau ide baru dan membangun bisnis dengan konsep baru. Dalam hal ini, menuntut sejumlah kreativitas dan sebuah kemampuan untuk melihat pola-pola dan trend-trend yang berlaku untuk menjadi seorang wirausahawan.
 Penumbuhan minat wirausaha tidak dapat dilakukan serta merta tanpa adanya pendidikan dan pelatihan yang dapat menggerakkan jiwa kewirausahaan seseorang. Apabila seseorang yang mempunyai pendidikan rendah, maka dia tidak mempunyai keberanian mengambil risiko. Hal ini dapat menghambat perkembangan aktualisasi dirinya. Pengetahuan kewirausahaan mendukung nilai-nilai wirausaha terutama bagi mahasiswa, sehingga diharapkan menumbuhkan jiwa usaha untuk berwirausaha. Sikap, motivasi dan minat mahasiswa sangat dibutuhkan bagi mahasiswa yang berwirausaha agar mampu mengidentifikasi peluang usaha, kemudian mendayagunakan peluang usaha untuk menciptakan peluang kerja baru. Minat mahasiswa dan pengetahuan mereka tentang kewirausahaan diharapkan akan membentuk kecenderungan mereka untuk membuka usaha baru di masa mendatang.
Kewirausahaan memiliki arti yang cukup luas, karena menyebutkan seseorang atau setiap orang, yang mampu menangkap peluang-peluang usaha, kemudian peluang usaha tersebut dijadikannya sebagai lahan bisnis dengan mencurahkan segenap waktunya untuk menciptakan peluang bisnis. Setelah tercipta peluang bisnis, seorang wirausaha akan mempertahankan jalan bisnisnya, mengembangkan jalan bisnisnya dan bahkan memperluas jaringan bisnisnya sesuai dengan tujuan utama dalam dalam berwirausaha.
Abad ini dikenal dengan revolusi industri 4.0, dimana siapa yang menguasai informasi, maka akan menguasai dunia. Dan derasnya informasi yang ada di dukung dengan lahirnya alat komunikasi pendukungnya yang dikenal dengan smartphone atau Sosial Media. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, dari Sensus Ekonomi 2016 yang dilakukan pihaknya, muncul data sementara jumlah e-commerce yang ada di Indonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun, jumlah e-commerce di Indonesia meningkat sekitar 17 persen. Dengan pertumbuhan pengguna internet, Bank Indonesia memperkirakan ada 24,7 juta orang yang berbelanja online. Nilai transaksi e-Commerce diprediksi mencapai Rp 144 triliun pada 2018.
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
1.2.      Rumusan masalah  
1.         Bagaimana gambaran Umum Usaha Izemu Design ?
2.         Bagaimana cara pemarasan produk-produk kerajinan kayu yang dihasilkan oleh Izemu Design ?
3.         Apa dampak dari penggunaan media online bagi Usaha Izemu Design ?
4.         Apa Tips sukses dari Ivan Yahya pemilik Usaha Izemu Design?
1.3.      Tujuan
1.         Untuk mengetahui dan memahami gambaran umum dari Usaha Izemu Design.
2.         Untuk mengetahui bagaimana Usaha Izemu Design memasarkan produknya.
3.         Untuk mengetahui bagaimana dampak media online terhadap Usaha Izemu Design.
4.         Untuk mengetahui apa tips sukses Ivan Yahya pemilik  Usaha Izemu Design agar dapat dijadikan sebagai pelajaran.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1.      Gambaran Umum
Indonesia memiliki banyak kayu berlimpah, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Banyak sisa yang masih besar-besar dibuang begitu saja. Di lain sisi, produksi kayu Indonesia masih kalah bersaing dengan pabrik-pabrik di luar negeri. Peluang ini dibidik Ivan Yahya Adhi Teja yang menggandeng sederet pengrajin kayu yang berasal dari Tanah Jawa, khususnya Solo dan Jepara. Ivan Yahya Adhiteja adalah seorang pemuda lulusan RMIT University di Melbourne Australia jurusan desain produk. 
Kisahnya berawal ketika Ivan pernah mendapati bahan baku kayu yang sudah berjamur karena terkena air hujan. Terlihat bercak-bercak biru tua di kayu yang akan digunakannya untuk workshop. Siapa sangka, karena kayu yang cacat tersebut justru datang ide baru untuk desain produk yang justru mendatangkan peminat. Ivan memang sudah lama berkecimpung di bisnis kerajinan kayu. Setelah menyelesaikan studinya di jurusan desain produk di Australia dan kembali ke Indonesia ia mulai memikirkan material dan ide bisnis desain bersama teman-temannya. Ia berkesempatan mengunjungi Jawa Tengah dan menemui sisa-sisa batang kayu berkualitas tinggi tergeletak menjadi limbah yang jika diolah akan bisa bersaing dengan produk luar negeri. Ide inilah yang kemudian menjadi cikal bakal IZEMU, sebuah brand yang digagas Ivan dan teman-teman untuk produk kerajinan kayu produksinya. Ada 2 jenis kayu yang dipakai, yaitu pinus dan jati yang dibeli dari Perhutani. Desain produk muncul dari kebutuhan sehari-hari rumah tangga maupun kantor. Sedangkan kegiatan pemasaran baru berjalan akhir 2014.
Untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kreasinya, ivan kemudian aktif mengikuti berbagai event pameran produk kerajinan seperti Inacraft dan sejenisnya. Strateginya memang tepat karena orderpun berdatangan. Di suatu pameran, Ivan mendapat proyek perlengkapan rumah dan kantoran. Dari order perlengkapan kantoran dan rumah itu, Ivan memperoleh sekitar Rp 100 juta. Uang itu dia putar sebagai modal membeli mesin. Produknya dijual mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 300.000, sedangkan untuk barang berukuran besar Rp. 800.000 ke atas.

2.2.      Cara Pemasaran
            Lewat PT Izemu Desain Inovatif (izemu.com), Ivan mengembangkan usaha kerajinan tangan kayu itu dan sekarang beromzet  lebih dari Rp 30.000.000 per bulan. Saat ini produk Izemu dapat tersebar di 7 toko yang ada di beberapa mal, salah satunya di Kemang Village. Informasi seputar produk Izemu bisa diakses lewat website izemu.com, atau whatsapp 08892720400, tokopedia, dan Instagram izemudesign. Berikut platform Media online Izemu Design  :                              

                            

2.3.      Dampak Penggunaan Media Online
            Ivan Yahya dalam mengembangkan usahanya sangat terbantu dengan adanya media sosial tokopedia dan instagram karena selain menghemat waktu calon konsumen dapat memilih aneka barang yang sedang mereka butuhkan sesuai dengan keinginan, selera yang dapat disesuaikan kondisi keuangan calon konsumen tersebut. Menurutnya dengan adanya sosial media dapat meningkatkan pendapatannya sekitar 35 %. Barang-barang yang paling laku dijual melalui media sosial meurutnya adalah barang kecil seperti baki dan kursi kayu.
2.4.      Tips Sukses
Ivan menyatakan bahwa membangun bisnis itu sama persis dengan mengelola kayu. Ada proses dan tahapan yang harus dijalani. Sang pemilik merek lokal yang kini beromzet puluhan juta rupiah per bulannya ini juga berkisah, banyak sekali pengalaman menarik selama berkecimpung di dunia kerajinan kayu ini dan pengalam itu dijadikannya sebagai pelajarn kedepannya.

BAB III

PENUTUP
Kesimpulan
1.             Kewirausahaan adalah suatu cara berpikir, menelaah, dan bertindak yang didasarkan pada peluang bisnis, pendekatan holistik, dan kepemimpinan yang seimbang.
2.             Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
3.             Izemu Design adalah unit usaha milik Ivan Yahya yang bergerak dalam bisis kerajinan kayu.  Ada 2 jenis kayu yang dipakai, yaitu pinus dan jati yang dibeli dari Perhutani.
4.             Dengan adanya media online dapat meningkatkan pendapatan Izemu sekitar 35 %,
5.             Ivan menyatakan bahwa membangun bisnis itu sama persis dengan mengelola kayu. Ada proses dan tahapan yang harus dijalani.



DAFTAR PUSTAKA
Alfianto, Eko. 2012. Kewirausahaan. Jurnal Heritage. 2 (1) : 33.
Aprilianty, Eka. 2012. Pengaruh kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan,dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.  2 (3) : 312.
Cahyono, Anang. 2011. Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial. 3 (2) : 140.

Rosmiati, Junis, D. dan Munawar. 2015. Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Kewirausahaan. 17 (1) : 21.

Sekian artikel saya hari ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk menjadi seorang wirausaha. Jangan Menyerah. Selama Anda Masih Berjuang Anda Masih Memiliki Potensi Untuk Menang.

71 komentar:

  1. Terimakasih untuk infonya👍

    BalasHapus
  2. Overall, isinya sangat bagus. Dan mendidik. Hanya ada beberapa Typo yang bertebaran. Semoga kedepannya semakin lebih bagus yaa Yonn

    -karnet

    BalasHapus
  3. terlalu singkat dan masih ada kekurangan tolong di tingkatkan lagi ya saudara

    BalasHapus
  4. waduh bagus sekali tulisannya, good 👍

    BalasHapus
  5. Informasi yg bermanfaat dan menarik
    Good job👍

    BalasHapus
  6. Mantappu jiwa,thanks banget for your information,

    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya
    Sangat membantu :)

    BalasHapus
  8. sangat menginspirasi. Mantap!!

    BalasHapus
  9. Isinya bagus dan menambah wawasan

    BalasHapus
  10. Ini merupakan peluang yg bagus.. dan sangat menginspirasi

    BalasHapus